Rabu, 23 Maret 2011

Sejarah Berdirinya Ponpes Ibnu Abbas al Islamy Wiradesa

Sejarah Singkat
     Pondok Pesantren Ibnu Abbas adalah lembaga pendidikan dan dakwah Islam dengan manhaj ahlus sunnah wal jamaah yang bernaung di bawah Yayasan Ibnu Abbas Wiradesa (beralamat di Jl. Kaibon, Mayangan, Wiradesa, Pekalongan, Jawa Tengah, secara resmi berdiri pada Kamis, 22 Shofar 1432 H bertepatan dengan 27 Januari 2011, ditandai dengan dikeluarkannya Piagam Terdaftar oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan atas nama Kementerian Agama Republik Indonesia, DR. H. A. Umar, M.A (hafidzahulloh) dengan Nomor Statistik Pondok Pesantren (NSPP): 510333260021 (Terbaru 2016).
     Dengan ini telah resmi secara hukum untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran sembilan tahun, dan di Pondok Pesantren Ibnu Abbas baru mengelola untuk tingkat salafiyah ula (setingkat SD).
     Ala kulli hal, namun demikian sebenarnya lembaga pendidikan ini telah menjalankan proses pendidikan jauh sebelum terbentuknya Ponpes Ibnu Abbas secara resmi. Yayasan Ibnu Abbas Wiradesa, selaku penyelenggara Ponpes Ibnu Abbas, telah membuat Madrasah Salafiyah Ula Tahfidzul Qur’an (MSUTQ) Ibnu Abbas yang ditempatkan di teras Masjid Ibnu Abbas, Pekuncen, Wiradesa sejak tahun ajaran 2007 / 2008, sebanyak satu lokal kelas. Pada Tahun Ajaran 2008 / 2009, MSUTQ Ibnu Abbas telah mempunyai satu lokal kelas semi permanen, yang berlokasi di Jl. Kaibon, Mayangan Wiradesa. Kegiatan pendidikan tersebut  terus berlangsung hingga awal tahun 2011 sehingga dikeluarkannya ijin oleh Kementerian Agama Republik Indonesia seperti di atas.

2 komentar:

  1. barakallahu fiikum....semoga menjadi pesantren terbesar di indonesia..amin

    izin promisiin maahad antum ya,,,,,www.ahrarmedianews.blogspot.com

    BalasHapus